Direktur Pendaftaran Penduduk David Yama yang juga Koorditator Dinas Dukcapil di Wilayah I; "Filosofis yang mendasar untuk pembentukan forum ini karena adanya upaya mewujudkan modal sosial yang selama ini menjadi budaya Indonesia. Modal sosial itu pertama Saling Ketergantungan satu sama lain, Lampung Butuh Kepri, Kepri butuh Riau dan seterusnya".
(Ket. Gambar) : Direktur Pendaftaran Penduduk sekaligus menjabat sebagai Koorditator Dinas Dukcapil di Wilayah I, Dr. Ir. David Yama, M.Sc, MA.
Jakarta - Nusantarapos.id:
Sinergitas antar Dinas Dukcapil merupakan hal yang penting dalam memberikan pelayanan yang merata dan kompak pada seluruh wilayah Indonesia. Hal ini yang menjadi dasar jajaran Dukcapil Provinsi se-Sumatera (Wilayah I) untuk menginisiasi pembentukan "Forum Komunikasi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi WIlayah I".
Inisiasi ini diawali dengan rapat melalui Zoom Meeting yang dipimpin langsung oleh Direktur Pendaftaran Penduduk David Yama yang sekaligus sebagai Koorditator Dinas Dukcapil di Wilayah I.
"Filosofis yang mendasar untuk pembentukan forum ini karena adanya upaya mewujudkan modal sosial yang selama ini menjadi budaya Indonesia. Modal sosial itu pertama Saling Ketergantungan satu sama lain, Lampung Butuh Kepri, Kepri butuh Riau dan seterusnya," ungkap Yama.
"Kemudian Gotong Royong. Saling bekerja bersama-sama, salah satunya kegiatan jemput bola," lanjutnya.
"Adalagi yang paling mendasar adalah Kepercayaan. Kalau kita tidak bangun kepercayaan antar satu komunitas dengan komunitas lain yang didasarkan modal kepercayaan, maka akan runtuh tujuan dari komunitas dimaksud. Bisa jadi Daerah tidak percaya dengan Pusat begitupun sebaliknya," tutur Yama.
Yama melihat, pembentukan forum komunikasi yang berawal dari niat yang baik dan tulus dari jajaran Wilayah I ini nantinya dapat memberikan bukti nyata dalam membantu pembangunan daerah hingga nasional melalui layanan adminduk yang prima.
Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh sering menyampaikan bahwa kemajuan negara ini juga bergantung pada layanan adminduk karena layanan adminduk itu merupakan dasar dari segala pelayanan.
"Kita mengerti bersama-sama kalau tidak ada data dan dokumen adminduk jalannya layanan publik kurang tepat sasaran. Orang pasti butuh NIK, butuh KTP, butuh KIA dan seterusnya" jelas Dirjen Zudan.
Di akhir arahan, Yama mengungkapkan rasa senangnya iniasiasi yang dilakukan ini dan berharap beragam permasalahan dapat teratasi dan gebrakan inovasi dapat saling ditularkan.
"Bikin tahapan-tahapan program kegiatan yang akan dilakukan, itu dirancang untuk tahun ini, untuk tahun depan, dan seterusnya," pungkas Yama.
Di akhir rapat kali ini dihasilkan persetujuan dan komitmen oleh seluruh Kadis Dukcapil Provinsi se-Sumatera terhadap pembentukan forum komunikasi ini dan ditunjuknya Achmad Saefulloh Kadis Provinsi Lampung sebagai Ketua Forum. (NSP.Red/Ril.Dcp).
0 Komentar